Manajemen

Proses

Manajemen Proses merupakan salah satu bagian dari fundamental perusahaan (Lihat : Pengembangan Organisasi).

 

Dengan bertumbuhnya usaha akan meningkatkan jumlah transaski secara kuantitas, akan berimbas pada peningkatan lalu lintas data, komunikasi dan informasi. Salah satu tugas yang berat adalah seberapa jauh perusahaan bisa mengukur ke-effektifan lalu lintas tersebut di dalam organisasi. Apakah sesuai dengan yang diharapkan ? atau malah membuat kemacetan dalam pengembangan usaha.

 

Kebanyakan perusahaan tidak mengetahui bahwa pengaturan lalu lintas data, komunikasi dan informasi bisa berdampak pada :

  • Kerugian Finansial, berupa proses berulang yang menyebabkan penghamburan di infrastuktur yang ada (misal : kertas, waktu dsb).

  • Kerugian Non-Finansial, berupa penyampaian informasi yang salah yang bisa menghambat pada pengambilan keputusan.

  • Agilitas perusahaan, berupa hilangnya flesibilitas dan kecepatan perusahaan dalam menghadapi tantangan bisnis, baik internal maupun ekstenal.

Yang akan kami lakukan adalah  :

  • Membuat/mendokumentasikan, menganalisa proses, menerapkan, memelihara dan meningkatkan effektifitas proses yang ada di dalam perusahaan berdasarkan kebutuhan bisnis saat ini dan kedepannya.

  • Melakukan sinkronisasi proses antar departemen agar keterkaitan dan interaksi antar departemen menjadi lebih efektif, mencegah pengulangan pengerjaan dalam suatu proses bisnis yang ada.

  • Penetapan kriteria dan metode yang dibutuhkan oleh perusahan untuk proses kontrol dokumen dan/atau pengendalian proses.

  • Memberikan masukan dan justifikasi kepada perusahaan jika dirasakan ada tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki proses yang ada sehingga terjadi peningkatan perbaikan proses yang berkesinambungan.

Form, Dokumen Manual, Laporan

Instruksi Kerja, Panduan Kerja, Dokumen Setara

Kebijakan, Prosedur Mutu

Sasaran Mutu, Komitmen Manajemen

Otomatisasi proses kerja merupakan keuntungan dari manajemen proses ini, yang akan berimbas pada percepatan proses karena sudah terbentuk aturan-aturan, cara berkomunikasi, membagikan informasi, hingga dokumentasi yang boleh beredar di dalam perusahaan.

Kode Jasa

MP101

Tarif berdasarkan ruang lingkup 

pekerjaan

Ruang lingkup dan biaya investasi pekerjaan tergantung dari : 

  1. Ukuran organisasi

  2. Kompleksitas proses dan interaksi antar proses

  3. Kompetensi personal di perusahaan