• aak

Selalu ada kata "Mulai" sebelum "Akhir"

Diperbarui: 23 Jun




Perubahan bisa di akomodir dengan kreatifitas dan kejelian dalam menghadapi masalah.


Kebanyakan organisasi (apalagi yang sudah besar) cenderung menganggap perubahan itu adalah sesuatu yang tabu. Apalagi sampai merubah pola dan cara mereka dalam berorganisasi.


Dalam dunia bisnis tidak akan pernah ada kata "AKHIR". Semua hal harus dan selalu berawalan kata "MULAI". Mulai berubah, mulai beradaptasi, mulai berhemat, mulai bertransformasi dan kata-kata mulai lainnya, sebelum kata "AKHIR" muncul.


Di mana ketika sudah mencapai pada poin ini, kadang organisasi lupa, bahwa suatu "AKHIR" pun harus kembali menjadi "MULAI" ketika iklim dunia bisnis berubah, jangan sampai bisnis menjadi benar-benar ber "AKHIR".


Berubah bukan berarti meninggalkan "nyawa" atau "kultur" dari suatu proses yang sudah ada, tapi merupakan pencarian hal yang bisa membuat "nyawa" perusahaan menjadi selalu segar, sehat dan yang pasti selalu awet muda. Siap untuk selalu bersemangat "Mulai" bukan ber "Akhir".


Ya, segala sesuatu pasti ada akhirnya, tapi ingat proses tidak akan pernah berakhir, dan yang sebenarnya terjadi adalah segala sesuatu pasti harus dimulai