• aak

Resiko dan Keberuntungan Bekerja



Risk - Failure & Luck - Success.

"..Every job looks easy when you're not the one doing it because the challenges faced by someone in the arena are often invisible to those in the crowd.." * The psychology Of Money, P158 - Morgan Housel

Resiko dan keberuntungan terbesar dalam bekerja adalah ketika di berikan tanggung jawab untuk berada di posisi yang sama sekali belum pernah berada di tempat itu sebelumnya.


Akan menjadi kegagalan ketika tidak bertemu dengan tuntutan perusahaan saat itu, tapi akan menjadi keberuntungan ketika hasil kerja keras menghasilkan dampak yang baik.


Untuk rekan2 yang saat ini sedang promosi atau mutasi beda departemen atau mungkin berpindah jalur karier, pastikan :

  1. Ada kesepakatan bersama atas hasil yang ingin diraih. Hindari gap yang jauh untuk masalah ekspektasi hasil kerja.

  2. Pastikan setiap perkembangan yang ada di komunikasikan melalui rencana kerja yang terperinci.

  3. Jika ada area abu-abu yang bertabrakan dengan idealisme atau cara kerja di komunikasikan, agar tidak menganggu penilaian hasil kerja selama masa promosi/mutasi.

  4. Banyak belajar baik dengan senior-senior di departemen tsb agar proses akselerasi pekerjaan bisa lebih cepat. Jika tidak mendapatkan akses tersebut, belajar dengan teman-teman diluar perusahaan yang berada di posisi 1 level di atas.


Dan untuk para atasan yang sedang mempromosikan teamnya atau memutasikan teamnya untuk perlebaran keahlian, pastikan :

  1. Ada kejelasan timeline proses coaching/konseling secara pribadi atau penilaian secara kompetensi dilihat dari skala bisnis.

  2. Jika terjadi penyimpangan pada hasil, komunikasikan dan berikan arahan yang jelas.

  3. Jika terjadi kegagalan dalam hal promotional atau mutasi, berikan masukan yang membangun dan berikan PR berupa proyek2 yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kompetensi.

Pastikan setiap kesempatan yang ada, apapun hasilnya, bisa memberikan dampak yang baik untuk diri pribadi dan perusahaan.